Irawan Djoko Nugroho adalah seorang Filolog Jawa Kuno lulusan S1 Universitas Gadjah Mada angkatan 1988, dan mendalami Studi S2 Ekonomi Syariah. Beberapa karyanya yang telah terbit adalah: Meluruskan Sejarah Majapahit, dan Majapahit Peradaban Maritim.

Kedua buku tersebut menjadi best seller dan mampu membuka kotak pandora sejarah yang selama ini berusaha ditutupi keberadaannya. Analisisnya yang tajam tentang teks mampu memberikan masukan berharga bagi pemahaman sejarah yang sebenarnya, sambil menutup era kajian teks sejarah generasi lama. Seperti: Majapahit adalah negara federal, Gajah Mada ada 2, Raden Patah sebagai putra dari Putri Cina dan Raja Brawijaya V hanyalah rekaan pujangga Mataram.

Selain itu juga mampu memberikan masukan tentang luas wilayah Majapahit yang meliputi Kekaisaran Dinasti Ming berdasar teks Dinasti Ming, dimana dalam teks tersebut Kaisar Cina menyatakan dirinya rakyat Majapahit. Disamping itu pula mampu mereplikakan Kapal Majapahit yang tidak dapat dilakukan para arkeolog nasional dan dunia, serta memberi memberi argumentasi logis bahwa kisah Cheng Ho hanya rekaan semata.